Keajaiban Allah Dalam Shalat


Keajaiban Allah Dalam Shalat

Sholat adalah kewajiban umat islam. Sholat adalah rukun yang kedua. Di samping meninggalkan sholat adalah dosa besar bahkan kekafiran ternyata senantiasa melakukan sholat ada banyak manfaat untuk kesehatan. Di artikel ini akan di jelaskan keajaiban Allah dalam sholat, terutama dalam sholat tahajud. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang utama setelah sholat fardhu.

Kenapa bisa demikian, mari kita simak hikmah dan penjelasan ilmiah yang terkandung di dalam kewajiban sholat ini, seperti di kutip dari muslimah.or.id.

Keajaiban Allah dalam Shalat

Islam merupakan agama yang paling sempurna, termasuk dalam beribadah. Kewajiban beribadah kepada Allah tidak hanya semata-mata untuk menggugurkan amanah kita sebagai umat manusia, tapi ada keajaiban Allah didalamnya. Termasuk dalam gerakan shalat. Allah tidak pernah memerintahkan manusia untuk melakukan atau menjauhi sesuatu tanpa tujuan baik di dalamnya.

Selain shalat lima waktu, kita sangat dianjurkan untuk menunaikan shalat sunah seperti shalat tahajud. Sebagian kalangan menganggap, ibadah shalat malam ini adalah yang paling berat, sebab saat malam hari adalah waktu dimana tubuh beristirahat. Namun, tahukah anda, keajaiban Allah ada di dalamnya? Sebagian dari kita sering kali berpikir kenapa harus malam hari, ternyata ada banyak sekali rahasia Allah yang tidak pernah kita sadari.

Membuat Penampilan Menjadi Lebih Menarik

Rasullulah S.AW bersabda bahwa barangsiapa yang melaksanakan shalat tahajud, maka Allah akan menjadikan wajahnya menjadi tampan atau cantik di waktu siang hari[1]. Kecantikan dan ketampanan ini tidak hanya secara lahiriah saja, namun batiniah. Dengan mendekatkan diri kepada Allah, maka kita akan terhindar dari segala keburukan.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sumber utama penyakit berasal dari pikiran sendiri. Banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa stress akan berakibat pada gangguan metabolisme tubuh seperti penyakit jantung, maag akut, diabetes dan sebagainya. Lemahnya daya tahan tubuh ini membuat kita mudah sekali terserang penyakit. Keajaiban Allah terletak dalam shalat tahajud ini salah satunya adalah menjaga daya tahan tubuh. Dengan pikiran yang tenang serta jauh dari stress, kita akan senantiasa memiliki tubuh yang kuat.

Shalat Tahajud Mencegah Resiko Penyakit Diabetes

Secara ilmiah dibuktikan bahwa, shalat tahajud mampu menurunkan kadar kortisol[2]. Kortisol inilah yang sangat berperan meningkatkan kadar gula dalam darah melalui rangsangan peningkatan metabolisme karbohidrat. Dengan naiknya kadar gula dalam darah ini, seseorang mudah sekali terkena diabetes. Melakukan shalat tahajud secara rutin, ternyata mampu mengurangi resiko diabetes dengan menurunkan kortisol secara alami.

Menurunkan Resiko Penyakit Hipertensi dan Hipotensi

Dengan melaksanakan shalat tahajud, otak melepaskan serotonin[3], melatonin[4] serta beta endorsin[5] yang membuat kondisi psikologis manusia menjadi lebih tenang. Keadaan inilah yang menyebabkan homeostasis[6] terjaga. Ketika keseimbangan homeostatis ini terganggu, seseorang akan mudah terkena penyakit darah tinggi atau darah rendah. Dengan melaksanakan shalat tahajud, pikiran akan menjadi lebih tenang dan mengurangi stres, sehingga sistem kekebalan tubuh terjaga.

Membantu Kemoterapi

Kemoterapi[7] untuk kanker seringkali menimbulkan berbagai macam efek samping. Efek samping tersebut antara lain lemas, mual, muntah, gangguan pencernaan, rambut rontok, infeksi bahkan pendarahan. Tidak hanya itu, kanker juga menyebabkan penderita stress berat sehingga menggangu fungsi metabolisme tubuh. Perlu diingat, stress adalah sumber utama munculnya penyakit. Senantiasa melakukan shalat tahajud bisa menurunkan kadar stress seseorang karena mampu membuat penderita merasa lebih tenang.

Keajaiban Allah dalam shalat tidak hanya tentang kedekatan hati kita dengan sang maha pencipta, namun juga untuk kesehatan. Allah maha tahu apa yang terbaik untuk hamba-hambanya. Segala perintah Allah selalu bertujuan untuk kebaikan dan kesejahteraan manusia, termasuk keajaiban Allah dalam shalat ini. Mengimani Allah tidak hanya terbatas pada melakukan apa yang harus kita lakukan dan menjauhi larangannya saja, tapi pada hal-hal sunnah. Seperti yang tertuang dalam hadits , shalat tahajud mampu memberikan ketenangan, menghindarkan kita dari penyakit serta mendatangkan rezeki.

Artikel: muslimah.or.id I Subahannallah, Keajaiban Allah Tertuang Dalam Shalat

Demikian artikel tentang keajaiban Allah dalam shalat ini di kutip dari muslimah.or.id dengan sedikit edit tanpa mengurangi maksud artikel dan penambahan beberapa anchor link wikipedia terutama tentang istilah – istilah yang saya rasa asing. Artikel ini sebagai andil penulis ambil bagian dari dakwah penerus dari dakwah para rosul. Semoga bermanfaat untuk saya sendiri dan pembaca blog belajar islam yang saya cintai.


Catatan kaki:

  1. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).
  2. Kortisol adalah hormon steroid dari golongan glukokortikoid yang diproduksi oleh sel di dalam zona fasikulata pada kelenjar adrenal. Hormon ini bekerja dengan meningkatkan kadar gula darah melalui mekanisme glukoneogenesis, menekan kerja sistem imun, dan meningkatkan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kortisol
  3. Serotonin (bahasa Inggris: 5-hydroxytryptamine, 5-HT) adalah suatu neurotransmiter monoamino yang disintesiskan pada neuron-neuron serotonergis dalam sistem saraf pusat dan sel-sel enterokromafin dalam saluran pencernaan. Hormon ini dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Serotonin
  4. Melatonin (bahasa Inggris: melatonin, N-acetyl-5-methoxytryptamine) adalah hormon neurotropik dengan gugus antioksidan indolamina, yang disintesis oleh kelenjar pineal yang terletak di dalam otak dari senyawa asam amino triptofan. Melalui pencerapnya, melatonin berperan dalam berbagai proses fisiologis seperti ritme biologis, regulasi tekanan darah, onkogenesis, retina, reproduksi, ovarium, sistem kekebalan dan diferensiasi osteoblas https://id.m.wikipedia.org/wiki/Melatonin
  5. Beta endorphin adalah salah satu zat endorphin yang dikeluarkan oleh otak pada saat stres atau sakit, dan merupakan obat penghilang rasa sakit alami yang setara seperti pethidine. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Beta-Endorphin
  6. Homeostasis merujuk pada ketahanan atau mekanisme pengaturan lingkungan kesetimbangan dinamis dalam (badan organisme) yang konstan https://id.m.wikipedia.org/wiki/Homeostasis
  7. Kemoterapi (bahasa Inggris: chemotherapy) adalah penggunaan zat kimia untuk perawatan penyakit. Dalam penggunaan modernnya, istilah ini hampir merujuk secara eksklusif kepada obat sitostatik yang digunakan untuk merawat kanker. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kemoterapi
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s